Analisis Kemampuan Siswa SMAN 2 Padang Panjang dalam Menulis Cerita Sejarah Menggunakan Metode Sugesti-Imajinasi

  • Suci Vainani Universitas Negeri Padang
  • Aisiah Aisiah Universitas Negeri Padang
Keywords: Pembelajaran Sejarah, Kemampuan Menulis, Cerita Sejarah, Metode Sugesti-Imajinasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang oleh minimnya latihan untuk mengasah kemampuan menulis cerita sejarah siswa SMAN 2 Padang Panjang. Permasalahannya yaitu (1) Guru kurang merealisasikan KI 4 dalam pembelajaran sejarah, (2) Guru belum menghadirkan aktivitas pembelajaran sejarah yang bervariasi dalam hal penugasan sebagai output dari materi pembelajaran, (3) keterampilan menulis cerita sejarah siswa masih rendah dan masih belum menjadi perhatian bagi Guru. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mix method research) model sequential explanatory di mana pada tahap awal menggunakan metode quasi eksperimen dilanjutkan dengan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS berjumlah 100 orang dan sampel berjumlah 33 orang yang diambil secara random (acak). Pengambilan data dilakukan dengan cara pretest dan posttest (tes menulis cerita sejarah), observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t), sedangkan analisis data kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 55,93 dan kelas kontrol 46,93. Dari skor tersebut dilakukan uji normalitas diperoleh skor signifikan. kelas eksperimen sebesar 0,934 dan kelas kontrol sebesar 0,187, dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok sampel berdistribusi normal karena derajat signifikasi > 0,005. Hasil uji homogenitas menunjukkan sampel memiliki varian yang homogen karena df3 > 0,005. Sedangkan uji t menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) yaitu 0,0002 < dari 0,005 dengan df 64. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan skor yang signifikan terhadap kemampuan menulis cerita sejarah oleh siswa dengan metode sugesti-imajinasi. Hasil cerita sejarah yang ditulis siswa dengan metode sugesti-imajinasi memiliki kualitas yang baik dilihat dari segi isi cerita, penyajian fakta, aspek kronologis, dan tata tulis serta tata bahasa. Metode sugesti-imajinasi efektif diterapkan dalam pembelajaran sejarah dan mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerita sejarah.

References

Cresswell, J. W. (2016). Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Graff, H. J. (1999). Teaching and historical understanding: Disciplining Historical Imagination with Historical Context. University of Texas at Santo Antonio.
Latif, A. (2006). Manusia, Filsafat, dan Sejarah. Jakarta: Bumi Aksara.
Semi, M. A. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa Bandung.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan. Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Trimantara, P. (2005). Metode Sugesti-Imajinasi dalam Pembelajaran Menulis dengan Media Lagu. Jurnal Pendidikan Penabur 4(5), 1-14.
Published
2019-07-31
How to Cite
Vainani, S., & Aisiah, A. (2019). Analisis Kemampuan Siswa SMAN 2 Padang Panjang dalam Menulis Cerita Sejarah Menggunakan Metode Sugesti-Imajinasi. Jurnal Halaqah, 1(3), 286-301. https://doi.org/10.5281/zenodo.3365651