Pengembangan Ensiklopedia Kerajaan-Kerajaan Hindu-Budha di Nusantara sebagai Sumber Belajar di SMA

  • Elvi Zhafirah Universitas Negeri Padang
  • Aisiah Aisiah Universitas Negeri Padang
Keywords: Pengembangan, Ensiklopedia, Sumber Belajar, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang bervariasinya sumber belajar dalam bentuk cetak. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan ensiklopedia dalam pembelajaran sejarah agar dapat menambah wawasan dan pengetahuan peserta didik. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation yang dikembangkan oleh Dick dan Carry (1996). Penelitian ini hanya bisa sampai tahap Development. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket menggunakan skala likert. Uji kelayakan melibatkan pakar atau ahli yaitu ahli materi sejarah sejarah Indonesia dan ahli sumber belajar (ensiklopedia) sedangkan uji praktikalitas melibatkan dua orang guru mata pelajaran sejarah dan peserta didik Kelas X IPS 1 di SMA Negeri 2 Padang. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh dari wawancara, saran, atau komentar draf produk dianalisis secara kualitatif sedangkan data yang diperoleh dari angket dianalisis secara kuantitatif dengan teknik rerata. Hasil uji kelayakan ensiklopedia dari segi materi pelajaran sejarah Indonesia oleh ahli materi sejarah adalah 3.50 (sangat layak) dan ahli sumber belajar adalah 3.36 (sangat layak). Uji praktikalitas ensiklopedia oleh guru adalah 3.60 (sangat praktis) dan peserta didik adalah 3.50 (sangat praktis). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Ensiklopedia Kerajaan-Kerajaan Hindu-Budha layak dan praktis digunakan untuk Kelas X SMA.

References

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Astiting. (2018). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Ensiklopedia Plus Mind Mapping Materi Zoologi Veterbrata Pada Prodi Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makasar. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiah dan Keguruan. Skripsi, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makasar.
Booth, A. (2003). Teaching History at University: Enhanching Learning and Understanding. USA: Routledge Taylor and Francis Group.
Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Hidayat, A., Saputro, S. & Sukardjo, J.S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia Hukum-hukum Dasar Kimia untuk Pembelajaran Kimia Kelas X SMAN 1 Boyolali dan SMAN 1 Teras. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) 4(2), 47-56.
Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Khamdani, S. B. (2014). Pengembangan Ensiklopedia Fisika Berbasis Integrasi Islam Sains sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa SMA/MA. Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga.
Mulyasa, E. (2005). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.
Nurhatmi, J., Rusdi, M. & Kamid. (2015). Pengembangan Ensiklopedia Digital Teknologi Listrik Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Edu-Sains 4(1), 37-41.
Prihartanta, W. (2015). Ensiklopedia Umum (Nasional). Jurnali Adabiya 5(8), 1-14.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tegeh, I. M. & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA 11(1), 12-26.
Published
2019-10-31
How to Cite
Zhafirah, E., & Aisiah, A. (2019). Pengembangan Ensiklopedia Kerajaan-Kerajaan Hindu-Budha di Nusantara sebagai Sumber Belajar di SMA. Jurnal Halaqah, 1(4), 469-484. https://doi.org/10.5281/zenodo.3526769